Begini Cara Jawab Pertanyaan Saat Interview


0

Hallo loe yang baru aja lulus SMA! Lagi prepare ngelamar kerja, ya?

Belum niat lanjut kuliah? Belum ada kesempatan? Atau udah males sama yang belajar2? (yang ini si jangan ya bray)

Apapun alasan lo, buat lo sekarang yang lagi cari2 informasi soal melamar pekerjaan, disini gue bakal ceritain pengalaman gue waktu interview di berbagai perusahaan yang pernah gue lamar dahulu kala.
spesifiknya sih saat wawancara, moga bermanfaat la yaa..


Ketika lo sudah duduk berhadapan dengan sang interviewer dag-dig-dug-der tangan gemeteran si pasti ya..
Tapi yang penting lo harus percaya diri dan sudah siap untuk bicara karna dirumah lo udah latihan ngomong depan kaca


1. Jelaskan tentang diri anda



Ceritainnya singkat aja jangan kek lagi curhat soal mantan
Kalo bisa juga si kasih tau apa yang ga ada di CV lo, sebagai informasi tambahan ya.. tapi jangan mancing dia buat nanya2 yang nantinya malah lo ga bisa jawab.

Misal : ” nama saya ruri, saya alumni SMA Negeri di TangerangSaat ini saya masih bekerja di salah satu perusahaan Retail di Tangerang sejak 2016 laluMeskipun posisi utama saya adalah kasir, tapi saya juga memegang tanggung jawab lain yaitu person in charge di beberapa kategori seperti perl. Baby dan Stationerydan alhamdulillah saya sudah menjalankan amanat tersebut dengan baikcontohnya seperti mencapai target omset di atas rata2 selama 2 bulan berturut2 sehingga mendapatkan reward dan apresiasi langsung dari perusahaan. “


2.Kenapa kami harus memilih anda


Jangan banggain diri. Buat HRD nya merasa tertarik dan penasaran dengan diri lo. Jawab lah se-anti mainstream mungkin, karna pastinya dia nanya pertanyaan ini ke puluhan orang selain lo.
Saat ngomong tekankan intonasi lo, itu menggambarkan sebuah keyakinan dan kesungguhan secara verbal.

Kalo dulu gue “ karna dengan pengalaman yang saya miliki saya merasa mampu untuk melakukan pekerjaan dengan segala jobdesk didalamnya, dan saya yakin bapak atau ibu dapat mengandalkan saya untuk bisa menduduki posisi tersebut. “



3. Apa kelebihan anda


Ceritain diri lo apa adanya, jangan lagi sok bangga2in diri, Karna lo lagi nyari kerja bukan mau cari muka depan ibu mertua.

Jangan bilang kalo lo adalah pekerja keras, itu tuntutan, karna semua orang harus kerja keras.
Apalagi jujur, ya jadi orang harus jujur lah..

Kalo gue dulu “ saya orang yang komunikatif dan cepat belajar, keingintahuan saya sangat tinggi, dan berkat itu banyak hal yang saya bisa dari belajar secara otodidak. “



4.   4. Apa kekurangan anda

Semua orang pasti punya kekurangan, jadi jangan tutup-tutupi kekurangan lo
Tapi jangan bilang juga kalo lo adalah orang yang pelupa atau pemalas, bunuh diri ae lo
Kasih tau kekurangan lo tapi jelasin juga upaya lo untuk berusaha memperbaiki itu

Kalo dulu gue “ saya sadar bahwa saya orang yang sangat perfeksionis sekali, tapi dengan begitu saya jadi selalu berusaha untuk mengerjakan segala sesuatu sebaik mungkin, sesempurna mungkin dan selalu memberikan sisi terbaik saya. Meskipun tidak ada yang sempurna di dunia ini. “


5. Bagaimana anda melihat diri anda 5 tahun kedepan


Perlihatkan kalo lo emang niat buat hidup bray.. punya tujuan jelas..
Ngomongnya jangan berandai2 juga si.. katakan se detail mungkin, makanya dirumah siapin dulu life goals lo.
Kalo bisa juga singgung dikit soal lo dengan perusahaan yang sedang lo lamar itu.

Kalo gue dulu “ jika bapak atau ibu memberikan kepercayaan kepada saya untuk menduduki posisi ini, saya melihat diri saya 5 tahun kedepan berada di perusahaan ini dengan karir yang baik.Ikut andil dalam mencapai visi misi perusahaan bersama.Memiliki banyak pengalaman di berbagai bidang, sebab jika saya diterima di perusahaan bapak atau ibu saya akan dapat membiayai diri saya sendiri untuk menambah keahlian saya dan meningkatkan kualitas diri sebagai bekal untuk jenjang karier saya di perusahaan bapak atau ibu, seperti belajar Bahasa asing lain atau meneruskan Pendidikan saya ke jenjang yang lebih tinggi. “


6. Mengapa anda ingin bekerja di perusahaan ini


Gue tau banget pasti karna salary nya.. Ya sama gue juga gitu
tapi ya katakanlah seanggun mungkin

kalo gue dulu “ Karena perusahaan bapak atau ibu memberikan kesempatan kepada saya untuk bisa bergabung dan memberikan potensi terbaik saya serta pengalaman yang saya miliki untuk mencapai visi dan misi perusahaan juga mengembangkan diri saya dalam karir, ilmu dan pengalaman. “


7. Berapa gaji yang ada inginkan


Karna disini lo masih baru, jadi plis jangan neko2 dulu la
Kalo Pendidikan terakhir lo masih SMA, mawas diri aja.. pengalaman dulu dibanyakin bray, kalo kerja lo bagus naik gajinya juga pasti cepet kok (kalo perusahaannya ngertiin ye)

Kalo dulu gue “ saya mengacu pada kebijakan pemerintah aja yang sudah mengatur soal UMK sesuai daerahnya. Juga kebijakan perusahaan mengenai salary sesuai jabatan, kemampuan dan pengalamann. “


8. Ada pertanyaan yang ingin ada ajukan


Buatlah kesan baik disini, seakan-akan lo sangat antusias terhadap perusahaan yang lo lamar.

Jangan bilang “ga ada”
itu keliatan banget kalo lo ga antusias sama perrusahaan ini
kek udah males pengen cepet2 pulang kerumah gitu

Lo bisa tanyain “ kira2 berapa karyawan yang ada di perusahaan ini? “
Atau “ ibu atau bapak sudah berapa lama bekerja si perusahaan ini? “

Kalo dulu gue “ kapan saya bisa diterima untuk bekerja disini? “Emang agak keliatan kaya maksa banget si ya bray, tapi dulu gue gitu. Hheesearching2 sih ya itu menandakan kalo lo emang pengen banget kerja disana. “


dah sekian curhat yang insyaAllah bermanfaat ini. buat lo yang besok atau kapan mau interview, moga rejeki yee..

Like it? Share with your friends!

0
ruray

Comments

comments

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds