Indonesia Butuh Pemahaman Lebih Soal Keberagaman


0

Sedang viral sebuah video yang dimana biksu sedang membacakan perjanjian dikarenakan ada sekelompok orang yang resah atas keibadahan seseorang. dengan kejadian seperti ini nyatanya indonesia masih butuh pemahaman soal keagamaan yang di anut orang lain, setuju atau tidak setuju inilah realitanya.

Baca Juga: Indonesia Krisis Kepercayaan Antar Beragama

Bukan agamanya yang salah tapi oknumnya lah yang kurang pemahaman soal toleransi, disini ga menyalahkan siapa yang salah dan benar. Karena balik lagi, agama itu tidak ada yang mengajarkan keburukan. Apa kejadian ini buruk? ya jelas buruk, bukan buruk agamanya tapi sikap oknumnya-lah yang ditekankan disini, lalu indonesia butuh apa?

1. Belajar Banyak Tentang Agama Lain



Yang utama indonesia butuh belajar tentang agama lain, dari apa saja ibadah/ritualnya, seperti apa ibadahnya, waktu ibadahnya dsb. Ini jadi point penting kenapa? dengan pemahaman – pemahaman tersebut menumbuhkan sikap toleransi atar masyarakat, kenapa?

Dengan tau apa saja ibadah mereka, seperti apa ibadahnya, dan kapan saja waktu ibadahnya membuat kita semakin paham dan tidak langsung mengatakan ibadah itu menyimpang. Pada dasarnya cara ibadah masing masing agama kan berbeda? jadi sudah pasti tidak sama dengan tata cara yang kita anut kecuali tujuan agamanya, itu sama tidak ada yang mengajarkan keburukan.

2. Sosialisasi Antar Penganut Yang Berbeda Keyakinan



Selanjutnya toleransi yang semakin tipis antar masyarakat, mungkin kurangnya sosialisasi antar masyarakat yang berbeda keyakinan. seperti sekarang, kebanyakan dari masyarakat memiliki kelompok kelompok tersendiri, jadi agama A hanya berbaur dengan sesamanya begitu juga dengan agama yang lainnya. jadi muncul persepsi persepsi negatif karena kurangnya sosialisasi antar beragama.

Contoh seperti ruang lingkup A yang hanya berisi agama tertentu menuduh ruang lingkup B dengan agama yang berbeda (karena masing masing ruang lingkup kurang sosialisasi) dan menuduh ruang lingkup B menyimpang dikarenakan ruang lingkup A yang tidak mengetahui tentang agama B dan agama B tidak mau bersosialisasi dengan ruang lingkup A yang notaben-nya adalah agama tertentu munculah gesekan gesekan yang menimbulkan perkusi seperti diatas.

Sosialisasi juga menjadi peran penting dalam hal toleransi, jangan gengsi dan jangan sombong untuk sosialisasi semua sama berbahasa indonesia, kita semua harus sama sama merangkul tidak ada bedanya semua agama, ingat semua agama mengajarkan kebaikan.

Video diatas sudah diklarifikasi dan sudah selesai 
Sumber: https://news.detik.com/berita/d-3860401/viral-video-biksu-dilarang-ibadah-di-tangerang-ini-penjelasan-polisi


Like it? Share with your friends!

0
anggarksa

Comments

comments

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds