Indonesia Negara Dengan Hasrat Konsumtif Yang Tak Terbendung


0

Indonesia memang terkenal dengan keanekaragaman kesenian dan budayanya, banyak sekali sumber daya yang melimpah mulai dari sumber daya manusianya dan sumber daya yang berasal dari laut maupun di darat, hingga yang berasal dari digital. Tapi dengan melimpahnya sumber daya melimpah yang kita miliki sudahkah indonesia menjadi negara dengan pendapatan tertinggi? Seharus nya iya.

Indonesia menjadi negara dengan pendapatan tertinggi? Sepertinya kata-kata itu hanyalah sebuah mimpi. Karena melihat faham orang indonesia yang mempunyai kecenderungan membeli kebanding memproduksi. Hal ini dinyatakan karena pada tahun 2017 pendapatan per kapita Indonesia hanya bertengger di peringkat kelima se Asia Tenggara,di lansir dari bisnis.com berikut adalah pendapatan perkapita negara di Asia Tenggara :

  1. Singapura – US$93.680
  2. Brunei Darussalam – US$77.700
  3. Malaysia – US$30.430
  4. Thailand – US$18.730
  5. Indonesia – US$13.120
  6. Philipina – US$8.780
  7. Laos – US$7.910
  8. Vietnam – US$7.380
  9. Myanmar – US$6.850
  10. Timor Leste – US$4.990
  11. Kamboja – US$4.300

Tapi kita memang seharusnya bangga dengan perolehan posisi kelima, selain bangga kita juga seharusnya berkaca dan intropeksi diri, Singapura adalah negara yang luasnya tidak lebih dari Jakarta dan tentunya rakyat singapura lebih sedikit dari Indonesia, tetapi mengapa singapura berada di posisi pertama?

Sebenarnya balik lagi kepada penduduknya masing-masing. mungkin Indonesia memang masih lemah di dalam sektor pendidikan,bisnis, maupun insfrastruktur, tapi disini gue ga mau bahas tentang itu, yang mau gue kupas disini adalah keterbiasan orang indonesia dengan membeli seuatu dengan berlebihan dan adanya unsur hedonisme yang juga ikut serta melakat.

Masih ingatkah kalian dengan fenomena supreme, anti social-social club dan yeezy “yeezy gue udah siap” hadirnya sepatu  dari si tiga garis itu memang sangat heboh, dan bukan hanya di indonesia saja, disini bukannya gue melarang buat lo yang mau beli yeezy atau sepatu lainnya yang memang harganya selangit, tapi balik lagi dari posisi Indonesia di dalam daftar pendapatan per kapita di posisi ke lima, dan di saat itu para penduduknya bahkan malah lebih memilih mendewa-dewakan produk-produk dengan brand luar negeri, di situ lah gue merasa miris dengan negara gue sendiri.

Belum lagi ada segelintir orang yang mau beli barang brended tapi terkendala soal biaya, yaa barang KW lah menjadi alternatif. mau KW1,KW2,KW super,premium,solar yang namanya KW ya palsu bukan ORI!. hal ini malah menurut gue yang lebih berbahaya, gue inget banget kata-katanya si kemal pahlevi 

Kalau memang ga mampu beli brand luar, kenapa ga beli brand lokal aja yang harganya lebih murah dan kualitas nya bagus. Dan belilah produk sesuai kemampuan bugget lu masing-masing

Yaa kurang lebih seperti itu lah hehe, kemal aja yang memang menurut gue salah satu kaum konsumtif masih mengakui tindakan pembelian barang KW itu malah akan merugikan banyak pihak, ya contoh seperti gerai sepatu VANS yang sempat bangkrut, itu adalah salah satu dari dampak hasrat konsumtif tapi ada unsur ketidakmamupuan hehehe.

Dan tambahan dari gue, kenapa orang Indonesia itu gue bilang konsumtif? karena di indonesa itu kalau mau belanja pasti lebih mementingkan brand, jadi brand-brand yang baru mau menunjukan taring (brand lokal) akan tenggelam dengan brand yang sudah memang eksis lebih dulu (brand asing). Kalau sudah terjadi seperti itu akan susah untuk memperbaiki perekonomian di Indonseia, karena sudah terdoktrin dengan brand asing, jika dibiarkan ini akan menjadi hambatan Indonesia menghadapi pasar bebas ASEAN.

Perlu diingat sob gue disini bukan mau melarang lo yang mau beli produk brand asing, gue hanya mau menyadarkan kalau mau beli barang sesuaikanlah dengan kebutuhan mu saja dan jangan terlalu berlebihan, jadilah pembeli yang bijak mulai dari sekarang.


Like it? Share with your friends!

0
anggarksa

Comments

comments

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds