Mari suarakan #PeduliKitaPeduliTBC untuk edukasi bahaya TBC


0

Hari ini tanggal 25-Maret-2018 Media sosial ramai dengan #PeduliKitaPeduliTBC yang dipelopori oleh https://pedulitbc.org/ yang sebenarnya hari Tuberkulosis sedunia jatuh pada tanggal 24 Maret setiap tahunya, namun yang berbeda digerakan #PeduliKitaPeduliTBC kali ini ditandai dengan mereka post foto menggunakan emoticon love yang menutupin bagian mulutnya dan pesan positif. Sebelum jauh berbicara tentang gerakan #PeduliKitaPeduliTBC sebenarnya apa sih TBC itu?

Tuberkulosis (Tuberculosis, disingkat Tbc), atau Tb (singkatan dari “Tubercle bacillus”) merupakan penyakit menular yang umum, dan dalam banyak kasus bersifat mematikan. Penyakit ini disebabkan oleh berbagai strain mikobakteria, umumnya Mycobacterium tuberculosis (disingkat “MTb” atau “MTbc”). Tuberkulosis biasanya menyerang paru-paru, namun juga bisa berdampak pada bagian tubuh lainnya. Tuberkulosis menyebar melalui udara ketika seseorang dengan infeksi TB aktif batuk, bersin, atau menyebarkan butiran ludah mereka melalui udara. Infeksi TB umumnya bersifat asimtomatikdan laten. Namun hanya satu dari sepuluh kasus infeksi laten yang berkembang menjadi penyakit aktif. Bila Tuberkulosis tidak diobati maka lebih dari 50% orang yang terinfeksi bisa meninggal (sumber: Wikipedia)

Jadi apa tujuan utama dari kampanye ini?
Tujuan utamanya sudah jelas, agar masyarakat lebih aware tentang bahaya TBC ini. namun dibalik itu menurut pelopor yaitu https://pedulitbc.org/ sendiri adalah Sebuah kepedulian terhadap masyarakat untuk membangun lingkungan yang lebih sehat dan terbebas dari bakteri TBC dengan menyebarkan hal positif seperti cita – cita, hobi, tujuan dan yang lainnya. Karena dengan peduli terhadap sesama, kita peduli untuk membantu mengurangi angka pasien TBC.

Dan menurut Global Report WHO 2017 menyatakan rata-rata 300 orang meninggal setiap harinya karena kasus TBC di Indonesia, masyarakat harus bahu-membahu, dengan mulai menunjukkan kepedulian dari lingkaran terdekat – keluarga. bayangkan 300 orang tiap harinya! emang ini bukan salah satu penyakit yang merenggut banyak jiwa tetapi dibalik ini kita harus tetap aware tentang penyakit TBC ini. data ini bukan untuk menakut nakutkan tetapi data ini valid menurut WHO yang bisa dilihat Disini,

Mungkin banyak orang yang bertanya hubunganya #PeduliKitaPeduliTBC dengan posting melalui Sosial media apa?
Sekali lagi, kampanye dengan cara ini untuk mendorong masyarakat luas agar lebih peduli tentang TBC, nah kenapa melalui posting sosial media? gini ketika anda mulai menyuarakan kampanye ini melalui instagram anda secara tidak langsung anda membaca kampanye ini dan tentang penyakit ini, tidak mungkin dong anda tiba tiba menyuarakan tanpa membaca untuk apa dan bagaimana kampanye ini?

Mari kita lebih aware tentang penyakit ini. dan lebih lebih berhati hati dengan gejala, jangan malas untuk memeriksa ke rumah sakit atau puskesmas andaikan ada kerabat yang mengalami batuk lebih dari 2 minggu! ingat #PeduliKitaPeduliTBC


Like it? Share with your friends!

0
anggarksa

Comments

comments

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds