BELUM HABIS UU ITE TERBITLAH TAGAR #TOLAKRUUPERMUSIKAN


1
4 shares, 1 point

Baru baru ini tanggal 25-Januari-2019 publik dibuat heran ga heran soal vonisnya ahmad dhani yang dijerat dengan UU ITE atas kicauan yang beberapa waktu lalu, ga nanggung nanggung pasal ini membuat ahmad dhani harus mendekam sel tahanan selama 1,5 tahun, bayangin aja tuh 1,5 tahun didalam sel bisa buat bangun startup jualan rempeyek tuh. Herannya adalah netizen dibuat geram perihal salah satu pasal karet ini yang masih jadi senjata ampuh untuk perlindungan para petinggi disana.

Lantas kenapa pasal ini masih eksis? salah siapa? bisa ga sih di hapus? Kominfo secara gamblang memberi tahu melalui situs resminya “Pasal 27 Ayat 3 UU ITE Tidak Mungkin Dihapuskan” (Link)

Rudiantara selaku menkominfo juga berkata yang dikutip dalam artikel tersebut “Saya turut prihatin atas kejadian yang menimpa teman-teman, terlepas siapa benar siapa salah. Saya melihat UU ITE secara makro, karenanya saya bilang UU ini tidak salah. Namun untuk kasus ini (korban UU ITE-red), I’m with you. Kalau enggak, saya enggak bakal ada di forum ini,” kata Rudiantara.

Sayangnya kita dihadapkan model model indonesia yang dimana solusi bukan utama dan semua serba berbelit ribet. UU ITE belum selesai muncul kembali Rancangan Undang Undang Permusikan, hah permusikan? iya permusikan. Pasti bakal muncul pertanyaan, apa salahnya musik sehingga muncul Rancangan ini? Itu juga salah satu pertanyaan gue sehingga buat artikel ini, tapi pertanyaan yang paling utama satu, gunanya Rancangan Undang Undang ini apa? Sejauh mana musik menggangu?

Oke sedikit penjabaran apa saja yang didalam RUU Permusikan

Gambar – CNN Indonesia

Isi dalam RUU Permusikan ini berpotensi sama halnya dengan UU ITE yang sudah duluan sah bermuatan tidak jelas arahnya atau kata lain dengan pasal karet, meski begitu anggota Komisi X DPR, Maruarar Sirait justru mengatakan RUU Permusikan sudah ada di jalur yang tepat. Ia mengatakan RUU ini bertujuan untuk melindungi hak cipta dan para seniman. Banyak musisi mengomentari RUU ini melalui akun twitter, salah satunya Arian13.

Update Minggu, 03-Feb-2019 tagar #TolakRUUPermusikan muncul dari kalangan musisi yang menolak adanya RUU Permusikan karena berpotensi merepresi musisi. Saat ini  97 nama dari 267 pelaku musik yang sejauh ini telah menyatakan dukungannya terhadap penolakan RUU Permusikan, Mari tolak #KNTLruup

 

Update Senin, 4-Feb-2019 danilla Riyadi selaku musisi dan penulis lagu melalui sosial media pribadinya membuka sebuah petisi yang secara gamblang menolak RUU Permusikan melalui (Change.org) berjudul #TolakRUUPermusikan


Like it? Share with your friends!

1
4 shares, 1 point
anggarksa

Se things they'll never see

Comments

comments

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds