Bullying Tentang ‘Body Shaming’ Itu Gak Keren

Kecantikan sejatinya bukan berasal dari fisik melainkan kepribadian


0
3 shares

Entah kenapa sekarang banyak orang yang becanda tapi kelewat batas, malah merujuk ke Bullying. Contohnya “Body Shaming” .

“Lu gendut banget sih, diet dong”
“Lu kurus banget sih”, makan yang banyak dong”
“Lu kecil banget sih , kayak anak SD”
“Yaelah baju lu ngejreng banget sih” dan banyak kalimat kalimat bullying yang sering dilontarkan.

Bingung makin kesini makin banyak orang yang gampang banget ngomong kaya gitu tanpa tahu gimana perasaan orang, Tanpa mereka sadari efek dari mereka becandaan seperti itu. Kalau orangnya cuek bodo amat yah gamasalah, Tapi kalo untuk orang yang gampang down? Contoh dari rumah pilih baju yang kita ingin pakai, udah pede deh pokoknya eh tiba tiba ada orang  yang nyeletuk “dih baju lu apa banget sih, gacocok sama lu tenggelem lu pake baju itu” Saat itu juga, kepikiran aduh gue salah kostum yah gue malu yang pada intinya malah membuat kita gapercaya diri dari yang awal nya  percaya diri , eh malah dibuat jatuh dan minder seharian dan yang pasti ganyaman.

So, gue mau coba kasih tips untuk kalian yang sering kena ‘Body Shaming‘ kaya gitu

1. Bentuk Tubuh itu bukan sebagai ukuran kecantikan
Memang hampir semua orang pertama menilai seseorang itu dari sebuah penampilan terutama bentuk badan, tapi perlu diketahui cantik itu relatif. Yang paling utama Kepribadian diri sendiri, Gimana kita bisa bermanfaat untuk sekitar atau minimal bisa jadi contoh yang baik untuk sekitar.

2. Intropeksi Diri
Di dunia ini pasti bakal ada orang yang suka dan benci dengan kita alasannya? yang pasti macam – macam, untuk menghadapi orang yang tipikalnya bully caranya liat dulu mereka bullying yang kaya apa dan gimana? mungkin terkadang kita gak sadar ada yang salah dari diri kita lewat bullying tadi. Jadiin bullying itu untuk membangun kita untuk lebih baik lagi.

3. Be yourself
Cuekin apa kata orang mau dia bilang kita gendutan kek, pake makeup keputihan, lipstick kemerahan dan apapun itu. Jangan dibawa ke hati, cukup bilang terima kasih dan senyum, tar juga capek sendiri, percaya deh.

4. Tunjukkan  Kepercayaan diri
Terserah orang mau bilang apa yang menjatuhkan kita. Intinya satu kalo kamu suka yah yaudah pakai aja asal masih terlihat sopan dan tidak vulgar.

5. Ingat sudah ada UU yang mengatur tentang ‘Body Shaming’
Berdasarkan salinan UU ITE situs web.kominfo.go.id, pelaku penghinaan atau body shaming di media sosial dapat dijerat dengan Pasal 27 ayat (3) jo Pasal 45 ayat (3) UU No. 11 Tahun 2008 dengan ancaman pidana penjara paling lama empat tahun dan atau denda maksimal Rp 750 juta, Nah kalo udah diluar batas laporin aja.

Nah sekian tips dari untuk kita yang suka terkena bullying ‘Body Shaming‘. So do what u want, asal itu masih dibatas kewajaran. Dan saran nih kalo kita gamau kena bullying, coba deh sesekali  kita juga ngebullying yah ??


Like it? Share with your friends!

0
3 shares

Comments

comments

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds